Berbagai Metode Berhenti Merokok yang Dipakai Kaum Selebriti

Bagi perokok, untuk bisa berhenti dari kebiasaan itu memang susah-susah gampang. Tetapi bila Anda memang sudah bertekad melakukannya, maka tak ada yang mustahil.

Menurut dokter, untuk bisa berhasil berhenti merokok sebenarnya tak perlu dengan cara yang muluk-muluk.

"Cara berhenti merokok ya berhenti aja nggak usah pakai teori-teori. Memang ada terapinya tapi yang paling penting itu nawaitu alias niatnya," tandas dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia.

Tetapi sebagai penunjang, tak ada salahnya Anda mengecek beberapa metode berhenti merokok yang digunakan sejumlah selebriti

1. Hipnosis

Ada sederet selebriti yang menggunakan metode ini untuk berhenti merokok. Salah satunya Drew Barrymore. Wanita yang merokok sejak masih remaja ini akhirnya berhenti di tahun 2001 berkat menjalani terapi dengan seorang ahli hipnosis bernama Yefim 'Mad Russian' Shubentsov. Shubentsov dikabarkan menggunakan teknik bioenergetik untuk membantu menghilangkan kecanduan merokok.

"Ini sangat keren. Apapun yang dilakukannya, ini benar-benar bekerja untukku," katanya kepada USA Today. Hampir sama dengan Barrymore, Charlize Theron juga menggunakan jasa seorang ahli hipnosis untuk menghentikan kebiasaan merokoknya yang konon sudah tergolong 'nyandu'.

Sang pakar, Kerry Gaynor menjelaskan di sesi pertama, ia tidak meminta pasiennya untuk lepas dari rokok sama sekali. Namun begitu memasuki sesi kedua, saya ajari mereka untuk berhenti merokok dan lepas dari kecanduan itu. Di sesi ketiga, saya memperkuat dasar itu dan mengajari mereka cara menghadapi tantangan yang membuat mereka kembali merokok lagi," terangnya kepada Santa Monica Mirror.

Dari deretan aktor, ada Matt Damon yang juga menggunakan hipnosis untuk menyembuhkan kebiasaan merokoknya. Ia mengaku menjalaninya di tahun 2004. "Saya seharusnya melakukan puluhan tahun lalu. Ini luar biasa. Saya bahkan tak ingin rokok lagi," tuturnya kepada Jay Leno.

Terinspirasi dari sahabatnya, Ben Affleck pun melakukan metode serupa dan ia menyatakan terakhir merokok adalah di bulan November 2005. Pria yang telah merokok selama 20 tahun itu akhirnya berhenti ketika diberitahu ia akan menjadi seorang ayah.

2. Olahraga

Aktris film dan televisi Jennifer Aniston melakukan semacam detoksifikasi besar-besaran pada dirinya di tahun 2007, setelah merasa kebiasaan merokoknya bisa membahayakan kesehatannya kelak.

Ia mengatakan kesuksesannya berhenti merokok berkat latihan yoga yang diperkenalkan temannya, Mandy Ingber. "Ia memperkenalkan yoga ke dalam hidupku dan ini benar-benar mengubahnya. Yoga juga jadi olahraga paling menyenangkan yang pernah saya lakukan," tuturnya.

Selain Aniston, Charlize Theron juga dilaporkan mencoba menghentikan kebiasaan merokoknya dengan yoga, pilates sekaligus hipnosis. Kemudian di tahun 2011, kepada Vogue, Theron menyatakan dirinya sukses berhenti merokok. "Karena saya pikir saya tidak merokok seperti orang-orang normal. Saya merokok untuk mati," tuturnya.

3. Buku

Ashton Kutcher dulunya bisa menghisap 40 batang rokok dalam sehari. Namun berkat bantuan buku karangan Allen Carr yang bertajuk 'The Easy Way to Stop Smoking', ia berhasil menghentikan kebiasaan tersebut. Allen Carr sendiri adalah seorang pegiat antirokok terkemuka di AS.

Saat itu inspirasinya adalah sang mantan istri, aktris Demi Moore yang juga terinspirasi dari buku tersebut. "Buku itu memberimu panduan, bahkan Anda masih diperbolehkan untuk merokok sambil membacanya. Barulah di halaman terakhir buku itu mengatakan 'Dan sekarang, berhentilah!'. Saat menutup buku, saat itu pula saya berhenti," kisahnya.

Manfaat serupa juga dirasakan aktor senior Sir Anthony Hopkins. "Menjadi perokok tak ubahnya terjebak di sebuah labirin yang rumit dan seolah-olah Allen Carr memiliki jalan keluarnya. Tiba-tiba saja saya terbebas dari kecanduan rokok ini," tuturnya dalam sebuah wawancara.

4. Rokok elektrik

Di tahun 2008, Katherine Heigl mengatakan kepada Washington Post bahwa ia telah mencoba banyak hal untuk bisa berhenti merokok, semisal koyo nikotin atau permen nikotin, tetapi tak ada satupun yang berhasil.

Namun akhirnya ia berhasil juga. Dalam sebuah wawancara dengan Parade di tahun 2010, bintang film '27 Dresses' itu mengaku menggunakan rokok elektrik. "Saya tahu ini konyol tetapi ini membantu saya untuk tidak merokok betulan. Hanya rasanya saja seperti merokok," katanya.

Aktris Catherine Zeta-Jones juga mengaku pernah menggunakan rokok elektrik untuk menghentikan kecanduannya pada rokok. Namun nampaknya cara ini tak begitu berhasil mengingat istri aktor Michael Douglas itu masih sering terlihat di depan publik dengan sebatang rokok di tangannya.

5. Permen nikotin

Meski tidak mempan pada sejumlah selebriti lain, aktor Korea Shin Hyun Joon mengaku menggunakan permen nikotin untuk menghentikan kebiasaannya menghisap tembakau.

"Aku mulai mengunyah permen karet bernikotin agar berhenti merokok. Namun ini sudah tahun keenam aku menikmatinya," katanya dalam sebuah wawancara di tahun 2016. Meski lamban dan mengaku mengalami banyak kesulitan, pria yang juga memandu acara Entertainment Weekly ini pun akhirnya berhasil mencapai target itu.

Di awal-awal upayanya berhenti merokok, mantan presiden AS, Barack Obama juga memanfaatkan permen karet bernikotin untuk meredam keinginannya menghisap tembakau. Namun kemudian cara ini ditinggalkannya.

6. Minta dukungan fans

Whoopi Goldberg mengaku ingin mencoba berhenti merokok setelah melihat video dua orang anak yang mengidap cystic fibrosis, sebuah penyakit yang menyerang paru-paru.

Saat berhenti merokok, aktris dan presenter kawakan ini menggunakan dukungan fans untuk melancarkan usahanya. Untuk itu ia juga kerap menyampaikan perkembangan usahanya lewat media sosial.

Dari twit-twitnya juga bisa dilihat bahwa Goldberg menggunakan beberapa metode pengalihan untuk menghindari rokok seperti membaca buku dan minum air putih sebanyak-banyaknya.

7. Dot

Aktris Inggris Elizabeth Hurley memiliki cara unik untuk menghentikan keinginannya menghisap rokok, yaitu menggunakan dot. Dalam sebuah wawancara, juru bicara Hurley mengatakan ini karena koyo nikotin tak mempan untuk sang artis.

Ide menggunakan dot ini datang setelah Hurley membaca buku karangan Desmond Morris 'Manwatching' yang menyamakan kebiasaan merokok dengan keinginan bayi untuk disusui.



health detik

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN JANDA DIMATA PRIA, NOMOR 3 LUAR BIASA

Ciri-ciri Telinga Anda Tersumbat Kotoran dan Bagaimana Membersihkannya

10 Cara Alami Menghilangkan Bercak Putih Pada Kulit wajah