Manfaat Agar-Agar Untuk Tubuh

Tubuh panas dan berkeringat karena sengatan sinar matahari memang paling enak didinginkan dengan yang adem-adem. Misalnya, agar-agar dingin yang baru dikeluarkan dari lemari es. Selain menyejukkan badan, perlu diketahui, agar-agar juga bagus untuk sistem pencernaan.

Agar-agar atau agar, yang sering kita makan diperoleh dari hasil pengolahan rumput laut merah tertentu. Selain dikonsumsi, agar-agar juga dimanfaatkan dalam bidang kedokteran gigi untuk membuat cetakan gigi. Di pabrik agar digunakan sebagai bahan dalam emulsi, suspensi, gel, dan supositoria tertentu. Hebatnya lagi, agar-agar diduga memiliki efek yang menyehatkan jika kita menderita susah buang air besar, diabetes, dan obesitas.

Obesitas

Mengonsumsi agar-agar setiap hari selama 12 minggu dan memilih diet rendah lemak diduga mampu mengurangi berat badan dan indeks massa tubuh pada pasien obesitas yang juga menderita diabetes tipe 2. Tapi, penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurut teori, makan agar-agar membuat kita cenderung merasa kenyang. Kita pun jadi tidak banyak mengonsumsi makanan lain atau berhenti makan setelah hanya beberapa suap. Tapi sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori penurunan berat badan ini.

Diabetes

Menurut penelitian yang sama, mengonsumsi agar-agar selama 12 minggu didukung diet rendah lemak diduga menghasilkan penurunan berat badan karena asupan kalori yang berkurang dan perbaikan parameter metabolik yaitu  penurunan kadar kolesterol dan indeks masa tubuh (IMT). Namun, penelitian ini juga masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Susah buang air besar

Agar-agar mengandung zat seperti gel yang menumpuk di usus. Hal tersebut merangsang usus dan membuat usus menjadi lebih aktif sehingga dapat memperlancar susah buang air besar. Itulah sebabnya agar-agar biasa digunakan sebagai pencahar. Tapi, pernyataan tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Yuk, rasakan manfaat agar-agar mulai dari sekarang. Namun jika Anda bosan membuat agar-agar yang biasa, resep berikut ini bisa dicontoh dan dipraktekkan.

Bahan:

200 gram biskuit gandum, hancurkan
75 gram mentega, cairkan
1 buah lemon, peras airnya dan parut kulitnya
3 sendok makan agar-agar putih
400 gram tahu putih
1 sendok makan krim keju
400 gram krim kelapa atau santan kental
115 gram gula kastor atau gula pasir
Beberapa tetes ekstrak vanilla
Buah beri segar atau saus beri

Cara membuat:

*Campurkan biskuit yang sudah dihancurkan dengan mentega hingga rata. Taruh adonan dalam loyang kue berdiameter 20 cm. Tekan-tekan dan ratakan hingga menutup seluruh permukaan loyang.
Masak air, agar-agar, dan air perasan lemon di atas api kecil. Aduk sampai agar-agar larut.
Campur tahu, krim keju, krim kelapa, ekstrak vanila, gula, dan kulit lemon dalam food processor. Giling sampai halus.

*Tuang dan ratakan adonan tahu ke atas adonan biskuit. Dinginkan di lemari es selama satu jam sampai memadat. Sajikan dengan buah beri segar atau saus beri jika tersedia.

Yuk, makan agar-agar mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya bagi tubuh. Tapi ingat, tidak ada cara mengurangi berat badan yang instan. Untuk mendapatkan efek kurus dari agar-agar, Anda juga perlu menjalani diet rendah lemak dan rutin berolahraga.



alodokter

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN JANDA DIMATA PRIA, NOMOR 3 LUAR BIASA

Ciri-ciri Telinga Anda Tersumbat Kotoran dan Bagaimana Membersihkannya

10 Cara Alami Menghilangkan Bercak Putih Pada Kulit wajah